Ringankan Ekonomi Masyarakat, Bantuan PKH Rutin Disalurkan di Kecamatan Cempaga

  • Aug 30, 2023
  • Admin Desa Cempaka Mulia BArat

Kecamatan Cempaga (KOTIM) – Pendamping PKH (Program Keluarga Harapan) Kecamatan Cempaga lakukan sosialisasi dan penyerahan langsung bantuan pada Sabtu, 26 Agustus 2023 kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Sosialisasi dilaksanakan di Balai Kemasyarakatan Sahati, dan bantuan diserahkan di Agen BRILink Kios Muhed setempat. Bantuan yang diberikan merupakan saluran dari Kementrian Sosial melalui bidang Direktorat Jaminan Sosial langsung ke rekening masing-masing KPM.

Bantuan PKH ini dibagikan setiap per-3bulan dalam setahun, yang terbagi 4 tahap jadwal setiap penyalurannya. Penerima bantuan merupakan keluarga kurang mampu, memiliki komponen pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial didalam keluarga tersebut dan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraaan Sosial (DTKS). Para KPM diminta untuk menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga (KK) asli saat pengambilan bantuan tersebut.

Kiki Norputri Setiani, S.Pd.I selaku pendamping PKH menyampaikan bahwa, untuk jumlah bantuan tergantung dari jumlah komponen yang ada di dalam keluarga. Komponen KPM penerima bantuan PKH ini terdiri dari pendidikan anak usia sekolah di jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA, dan memiliki komponen kesejahteraan sosial yaitu lanjut usia dan disabilitas.

Salah satu KPM, Jamilah mengapresiasi bantuan yang diberikan, “Saya dan keluarga merasa sangat terbantu dengan adanya penyaluran bantuan PKH ini, terutama dalam mengatasi kesulitan perekonomian keluarga” katanya.

Harapannya KPM dapat memanfaatkan bantuan ini dengan bijak, terlebih untuk pendidikan anak-anak di setiap keluarga penerima. Dan tidak menggunakan bantuan yang diberikan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. (TWD/RZJ)

-Mahasiswa UMPR