Posyandu Harapan Ibu Laksanakan Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Rutin Ibu dan Anak

  • Sep 18, 2023
  • Admin Desa Cempaka Mulia Barat

Cempaka Mulia Barat (Kecamatan Cempaga) – Posyandu Harapan Ibu laksanakan kegiatan Posyandu Balita pada Sabtu, 16 September 2023 berlokasi di Jalan Veteran. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB-selesai. Kader-kader Posyandu Harapan Ibu melakukan kegiatan rutin ini pada setiap tanggal 16 per 1 bulan sekali. Adapun yang dilakukan pada kegiatan ini yaitu berupa layanan kesehatan  seperti suntik imunisasi, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala, pengecekan tensi, gula darah, serta juga ibu hamil akan mendapatkan biskuit, serta susu untuk ibu dan anak.

Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan anak dan ibu baik dari segi gizi maupun kesehatannya, pemantauan terhadap tindakan orang tua, serta juga pola asuh yang dilakukan pada anak. Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya balita dan ibu hamil ini tentu sangat tepat diikuti karena memberikan beragam informasi mengenai kesehatan yang berkaitan ibu dan anak, seperti pemberian asi, pencegahan penyakit, memantau tumbuh kembang anak sehingga terhindar dari risiko kekurangan gizi atau gizi buruk, mendeteksi sejak dini bila terdapat kelainan pada anak, ibu hamil, dan ibu menyusui, sehingga penanganan dapat segera dilakukan melalui imunisasi lengkap.

Kader-kader Posyandu melakukan kegiatan ini bersama dengan pihak Posbindu. Susi Yulianti selaku kader di Posyandu Harapan Ibu menyampaikan bahwa “kegiatan ini di lakukan setiap satu bulan sekali saja, dan dikarenakan kami disini juga masih baru memulai Posbindu ini, Tentu alangkah baiknya jika kami terjun langsung ke lapangan, hal ini juga disebabkan jika diadakan di gedung minim masyarakat yang akan tahu, ditambah dengan jarak yang cukup jauh itulah alasan kami menempatkan lokasi yang mudah di jangkau” Pungkasnya.

Harapannya juga semoga Posyandu dapat menjadi sarana bagi para ibu untuk menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman tentang kesehatan seputar ibu dan anak, baik dengan petugas kesehatan maupun dengan peserta posyandu lainnya. Dengan pengetahuan yang baik diharapkan kualitas kesehatan meningkat.  

(RZA/RZA)_Mahasiswa UMPR